Ukhty, Jagalah iffah dan Izzahmu… Jangan Perlihatkan fotomu di facebook….

Ukhty muslimah, Kita tau bahwa kita adalah seorang muslimah. Seorang  198210_202574466436924_100000531162971_686586_6833707_nwanita yang telah dimuliakan Allah dengan Islam. Kita tau bahwa sebagai seorang muslimah kita seharusnya mampu menjaga kemuliaan dan kehormatan diri. Ukhty, taukah engkau? Betapa ku merasa tertampar, saat seorang mengingatkanku bahwa tak sepatutnya kita dengan leluasa memajang foto-foto kita di facebook.

Ukhty, permasalahannya, bukan haram tidaknya foto makhluk bernyawa yang masih menjadi perselisihan di antara ulama, tapi permasalahannya adalah kemuliaan kita, ke-izzah-an kita. Tidakkah kita malu saat kita dengan leluasa menampakkkan wajah kita dengan memajang foto-foto di facebook, yang dengan itu dengan leluasa setiap orang memandang. Dimanakah malu yang selalu menjadi pakaian kita, apakah kita lupa bagaimana seharusnya saat kita harus menundukkan pandangan ketika berada dihadapan seorang lelaki ajnabi, seorang yang bukan mahrom kita. Mungkin kita lupa, bahwa Islam telah mmuliakan kita dengan hijab. Apa mungkin kita lupa, atau tidak tau bagamanakah hijab itu?.

Ukhty, bukankah apa yang ada  pada diri kita itu adalah amanah yang harus kita jaga. Sebuah amanah dari pencipta yang harus kita jaga sesuai dengan peraturan penjaganya. Atau, dimanakah akhlak, yang selalu kita eli-elukan. Dimanakah dakwah yang selalu kita usung, bahwa dakwah fi’liyah adalah akhlak??? Atau kita lebih suka berdalih bahwa ini demi dakwah. Ini bagian dari dakwah. Ukhty, Kalau demi dakwah, bukankah dakwah adalah untuk menyeru agama robb-kita, maka bukankah syarat diterima amal adalah kita berbuat dengan niat, dan cara yang benar?.

Ukhty, facebook adalah situs umum yang bercampur di dalamnya laki-laki dan perempuan. Ketika kita sebagai seorang muslimah menaruh foto, meskipun hanya wajah kita saja yang nampak. Maka ini tetap bertentangan dengan perintah Allah ta’ala untuk menutup diri dari lawan jenis. Ukhty,mungkin kita lupa dengan firman Allah ta’ala mengenai adab terhadap istri-istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

“Apabila kamu(laki-laki) meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri- isteri Nabi), Maka mintalah DARI BELAKANG TABIR. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka.” (QS. Al-Ahzab: 35).

Ayat ini berkenaan dengan istri Nabi, yang notabene hati mereka lebih baik dari hati kita. Lebih suci dan lebih terjaga hatinya. Ukhty, kita seharusnya lebih menjaga hijab dengan hijab yang sebenar-benarnya hijab dalam bermuamalah dengan lawan jenis. Karena inilah syariat yang memuliakan kita.

Ukhty, di bumi Allah dimanapun engkau berada. Dengan alasan apapun seberapa lamapun, janganlah kita tergoda dengan kesenangan sesaat yang membuat fitnah merasa diundang dalam hidup kita.

Ukhty, Jagalah amanah Allah yang dititipkan kepada kita berupa jasad ini, jagalah amanah ini di dunia maya juga di dunia nyata. Karena Allah Maha Melihat diri kita dari mana pun dan kapanpun. Menghapus foto-foto kita di facebook adalah hal kecil, namun dampaknya sangat besar untuk kebaikan hidup kita.

Ingatlah, aturan Allah selalu baik dan pasti akan mendatangkan kebaikan. *SM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s