Tips Menghindari Bahaya Pestisida

               Kita sangat membutuhkan sayur dan buah dalam kehidupan kita, karena dari sayur dan buah itulah kebutuhan tubuh kita berupa kebutuahan protein nabati, zat besi, vitamin, mineral, dan kebutuahan tubuh lainnya. Tetapi di era globalisasi ini buah dan sayuran yang kita konsumsi patut kita waspadai. Menurut sebuah penelitian, Kita semua terpapar dengan pestisida yang pada dasarnya berketerusan. Buah dan sayuran segar yang kita konsumsi beresiko mengandung residu pestisida. The National Academy of Sciences (NAS) tahun 1987 mengeluarkan laporan tentang pestisida dalam makanan. Pada dasar data dalam penelitian, resiko potensial yang diberikan oleh pestisida penyebab kanker dalam makanan kita lebih dari sejuta kasus kanker tambahan dalam masyarakat Amerika selama hidup. Karena sekitar 30 macam pestisida karsinogen terdapat dalam makanan kita.

                Resiko sayur dan buah yang telah terkontaminasi ini tidak bisa kita hindari. Namun, yang dapat kita lakukan adalah menghindari bahaya pestisida yang telah terkandung dalam sayur dan buah yang akan kita konsumsi. Berikut ini adalah tips yang dapat kita lakukan:

  1. Selalu mencuci bersih sayuran dan buah dengan air mengalir sebelum diolah/dimakan. Dengan mencuci, bakteri, cemaran kimia, pestisida serta telur cacing bisa dihilangkan.
  2. Hindari buah impor dengan penampakan kulit terlalu mengkilat. Buah jenis ini kemungkinan dilapisi parafin, sejenis lilin yang dapat mempertahankan kesegaran buah. Zat ini berbahaya bagi kesehatan
  3. Simpan sayuran dan buah dalam suhu rendah agar tahan lama.
  4. Bercak putih pada sayuran dan buah kemungkinan besar cairan atau semprotan pestisida yang mengering. Hindari buah dengan bercak-bercak putih.
  5. Beli buah dan sayuran saat sedang musim, selain lebih murah biasanya lebih segar.
  6. Sebaiknya pilih sayuran dan buah organik, selain lebih sehat buah dan sayuran ini tanpa pestisida sehingga lebih baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayuran organik biasanya secara fisik lebih kecil, sayuran banyak lubang bekas dimakan ulat atau belalang.

Nah, tips ini tidak hanya sekedar dibaca. Tapi, dipraktekkan juga yach,,, selamat mencoba……=D. *SM

 

 

3 responses to “Tips Menghindari Bahaya Pestisida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s